Fakktor Yang Mempengaruhi Modal Kerja

a.    Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan modal kerja
Permintaan suatu perusahaan terhadap Modal Kerja, menurut John J.hampton dan Wagner (2000:8),dipengaruhi oleh empat factor umum dan 5 faktor khusus.
                 Keempat factor Umum tersebut antara lain :
1). Volume penjualan,perusahaan membiayai modal kerja biasanya untuk mendukung penjualan.Banyak perusahaan menetapkan aktiva lancar sesuai dengan proporsi penjualan tahunannya.
2). Faktor musiman,fluktuasi musiman akan permintaan untuk produk atau jasa mereka.Variasi penjualan akan berdampak pada tingkat modal kerja variabel.
3). Perkembangan teknologi, perubahan pada teknologi tertentu saja mempunyai pengaruh kuat pada kebutuhan modal kerja.
4). Filosofi perusahaan, kebijakan perusahaan akan berdampak pada tingkat modal kerja permanen maupun musiman.
Sedangkan kelima faktor khusus tersebut adalah :
1). Sifat atau tipe dari perusahaan,modal kerja dari suatu perusahaan jasa relative akan lebih rendah bila dibandingkan dengan kebutuhan modal kerja perusahaan dagang dan perusahaan industry.
2). Aktiva perusahaan, keadaan bisnis berdampak pada modal kerja,periode perputaran/terikatnya modal kerja,jangka waktu modal kerja dimulai sewaktu uang kas ditanamkan dalam komponen-komponen modal kerja sampai dana tersebut kembali jadi uang kas.
3). Ketersediaan kredit, jika perusahaan dapat meminjam untuk membiayai dengan kredit maka diperlukan kas yang lebih sedikit.
4). Perilaku menghadapi keuntungan,suatu jumlah yang relative besar pada aktiva lancar akan mengurangi keuntugan keseluruhan.
5). Perilaku dalam menghadapi resiko, makin besar tingkat aktifa lancer makin kecil resiko.Kas menyediakan keamanan dalam membayar tagihan, persediaan memberikan resiko yang kecil akan kebutuhan lebih barang untuk dijual.

               Dengan jumlah pengeluaran setiap harinya yang tetap, tetapi dengan makin lamanya periode perputarannya maka jumlah modal kerja yang dibutuhkan adalah makin besar. Demikian halnya dengan periode perputaran yang tetap,tetapi dengan makin besarnya jumlah pengeluaran kas setiap harinya kebutuhan modal kerja pun makin besar.
Baca Juga :

0 Response to "Fakktor Yang Mempengaruhi Modal Kerja"

Post a Comment

wdcfawqafwef