Jenis Jenis Biaya (Cost)

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis biaya yang biasa kita pelajari dalam study Akuntansi ataupun Manajemen Keuangan, untuk lebih jelasnya admin tidak akan panjang lebar. sesuai dengan yang admin rampungkan bahwa :
Hasil gambar untuk gambar biaya
Arif Suandi, (2002:2-5) menyebutkan jenis-jenis biaya dan mengklasifikasikannya ke dalam beberapa kelompok,  adalah sebagai berikut :
a.    Berdasarkan hubungannya dengan produksi
1)    Biaya langsung, adalah biaya yang dapat ditelusuri ke produksi
2)    Biaya tidak langsung, adalah biaya yang tidak dapat ditelusuri ke produksi
b.    Berdasarkan hubungannya dengan volume kegiatan
1)    Biaya variabel, Biaya yang bervariasi secara proporsional dengan quantitas yang  diproduksi (biaya bahan baku).
2)    Biaya tetap, adalah biaya yang jumlah totalnya  tidak berpengaruh oleh volume kegiatan dalam kisaran volume tertentu (biaya sewa berguna kantor atau pabrik).
3)    Biaya semi variabel, adalah Biaya yang berubah-ubah dalam hubungannya dengan perubahan kuantitas yang diproduksi tetapi perubahannya tidak proporsional (biaya listrik).
c.    berdasarkan hubungannya dengan fungsi produksi
1)    Biaya produksi, adalah biaya yang terjadi untuk mengubah bahan baku menjadi bahan jadi.
a)    Biaya bahan baku adalah besarnya nilai bahan baku yang dimasukkan ke dalam proses  produksi untuk diubah menjadi bahan jadi. Biaya bahan baku merupakan bagian terbesar cost yang diproduksi untuk  membuat suatu barang.
b)    Biaya tenaga kerja langsung, adalah besarnya biaya yang terjadi unutk menggunakan tenaga karyawan dalam mengerjakan produksi.
2)    Biaya tenaga kerja, adalah besarnya biaya yang terjadi untuk menggunakan tenaga karyawan dalam mengerjakan produksi.
a)    biaya tenaga kerja yang secara langsung yang berhubungan dengan  produksi    barang jadi. (gaji karyawan bagi produksi).
b)    Biaya tenaga kerja yang tidak langsung adalah biaya tenaga kerja yang secara tidak langsung yang berhubungan dengan produksi barang jadi. ( gaji mandor)
3)    Biaya overhead pabrik adalah biaya-biaya yang tidak dapat digolongkan ke dalam biaya bahan baku maupun tenaga kerja.
(a)  Biaya bahan penolong
(b)  Biaya tenaga kerja yang tidak langsung
(c)  Biaya komersial adalah biaya yang dikeluarkan sejak barang jadi selesai diproduksi sehingga produk sampai di tangan pembeli.
d.    Berdasarkan hubungannya dengan fungsi pokok perusahaan.
1)    Biaya produksi  adalah biaya yang terjadi untuk  mengubah bahan baku menjadi barang jadi (biaya bahan baku, tenaga kerja dan overhead pabrik)
2)    biaya administrasi dan umun, biaya yang terjadi dalam rangka mengarahkan, menjalankan, dan mengendalikan, perusahaan untuk memproduksi  barang jadi (biaya gaji manajer dan staf).
3)    Biaya pemasaran, biaya yang terjadi untuk  memasarkan produk atau jasa. (iklan)
Penjelasan biaya yang diuraikan oleh kuswadi (2005:19) bahwa biaya adalah semua pengeluaran untuk mendapatkan barang atau jasa dari pihak ketiga. Barang atau jasa dapat dijual kembali, baik yang berkaitan dengan usaha pokok perusahaan atau tidak. Besarnya biaya  akan mengurangi laba atau menambah  rugi perusahaan .Hasil gambar untuk gambar biaya
Mulyadi  (2005:4) bahwa biaya adalah cost sumber daya yang telah atau akan dikorbankan  untuk mewujudkan tujuan  tertentu yaitu untuk memperoleh barang dan jasa yang diharapkan akan membawa manfaat sekarang dan dimasa depan.

Dari beberapa definisi mengenai biaya di atas, biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi yang dapat  diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau berpotensi  untuk mencapai tujuan tertentu dan mampu menyediakan informasi bagi manajemen untuk membantu organisasinya  atau perusahaan.

0 Response to "Jenis Jenis Biaya (Cost)"

Post a Comment

wdcfawqafwef