Pengertian Manajemen Keuangan

Teori keuangan tumbuh pesat terutama setelah munculnya artikel klasik oleh Modigliani dan Miller pada tahun 1985.Setelah itu teori keuangan tumbuh pesat dengan nama financial economis atau ekonomi keuangan. Nama tersebut mengidentifikasikan bahwa ekonomi keuangan merupakan subset dari teori ekonomi, meskipun dengan fokus pada aspek keuangan.
Ada beberapa definisi manajemen keuangan yang dikemukakan oleh para ahli yaitu : Menurut Hanafi (2009:11) Manajemen keuangan merupakan manajemen terhadap fungsi keuangan organisasi.Organisasi mempunyai Beberapa fungsi atau kegiatan pokok yang  dilakukan seperti produksi, pemasaran, SDM dan keuangan.
Menurut Halim (2010:37) Pengertian Manajemen Keuangan yaitu tidak dapat dilepaskan dari pengertian manajemen keuangan secara umum yaitu dapat didefenisikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian dan pengarahan dari sumber daya yang dimiliki oleh organisasi untuk mencapai tujuannya.
5
Pengertian manajemen menurut Sartono (2008 : 6) “Manajemen Keuangan adalah manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien”.

Pengertian manajemen menurut Sutrisno (2005 : 3) “Manajemen Keuangan adalah sebagai semua aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan usaha – usaha mendapatkan dana perusahaan dengan biaya yang murah serta usaha untuk menggunakan dan mengalokasikan dana tersebut secara efisien”.

0 Response to "Pengertian Manajemen Keuangan"

Post a Comment

wdcfawqafwef