Rasio Rentabilitas

Hasil gambar untuk rasio rentabilitas
Rentabilitas suatu perusahaan menunjukkan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut. Dengan kata lain, Rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu.
Oleh karena rentabilitas merupakan pencerminan efisiensi suatu perusahaan di dalam menggunakan modal kerjanya, maka cara menggunakan tingkat rentabilitas untuk ukuran efisiensi suatu perusahaan merupakan cara yang baik.
Dengan demikian maka jelaslah bahwa rentabilitas merupakan suatu hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan, sebagai suatu usaha efisiensi di mana setiap perusahaan dalam operasinya selalu berusaha meningkatkan labanya agar asset rentabilitas sesuai dengan standar.
Berbagai proyeksi-proyeksi laporan keuangan perusahaan diatas untuk mencapai proyeksi yang dimaksudkan maka diperlukan berbagai estimasi sebagai dasar untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan.
Salah satu laporan estimasi dalam laporan keuangan adalah tingkat probability dalam menghasilkan laba perusahaan dengan sumber daya ekonomi yang dimiliki. Rentabilitas suatu perusahaan menunjukkan perbandingan antara laba dengan aktiva yang menghasilkan laba tersebut.
Untuk memberikan pengertian yang lebih jelas mengenai rentabilitas, maka di bawah ini dikemukakan beberapa batasan tentang rentabilitas :
Menurut Nitisemito (2000 : 51) mengemukakan bahwa Rentabilitas perusahaan adalah “ Perbandingan antara Tingkat keuntungan dengan total aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut”.
Menurut Hadiwidjaja (2008 : 80) Rentabilitas adalah “Kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba dibandingkan dengan modal yang digunakan”.
Menurut Riyanto (2008 : 35) mengemukakan bahwa rentabilitas perusahaan adalah “Kemampuan perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu atau dengan kata lain perbandingan antara laba dan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut”.
Berdasarkan ketiga pendapat tersebut diatas maka dapat disimpulkan bahwa rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba dalam satu periode tertentu dengan membandingkan tingkat keuntungan dari penjualan dengan aktiva / modal yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.
Secara umum Rentabilitas dapat dirumuskan yaitu :
Dimana laba adalah jumlah yang diperoleh selama periode tertentu dan modal atau aktiva adalah kekayaan yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut.

Cara untuk menilai rentabilitas suatu perusahaan ada bermacam-macam dan tergantung pada laba dan aktiva atau modal yang akan dibandingkan itu. Laba yang berasal dari operasi usaha atau laba netto sebelum pajak dibandingkan dengan seluruh aktiva Tangible atau yang akan dibandingan itu laba netto sesudah pajak dengan modal sendiri. Dengan adanya bermacam-macam cara dalam penelitian rentabilitas suatu perusahaan maka tidak mengherankan apabila beberapa perusahaan yang berbeda dalam menghitung tingkat rentabilitasnya (pendapatannya). Yang paling terpenting adalah rentabilitas mana yang akan digunakan sebagai alat ukur efisien penggunaan modal dalam perusahaan yang bersangkutan.

0 Response to "Rasio Rentabilitas"

Post a Comment

wdcfawqafwef