Manajemen pemasaran jika kita perhatikan kata tersebut berasal dari dua kata yang pertama kata “manajemen” dan yang kedua kata “pemasaran”, jadi pengertian manajemen pemasaran berasal dari gabungan dua pengertian. Kata manajemen sering di definisikan sebagai sebuah proses rangkaian kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan controlling (pengawasan) yang dilakukan untuk mencapai target atau tujuan yang telah ditentukan sebelumnya, dan definisi pemasaran yaitu suatu kegiatan didalam perekonomian yang dapat membantu menciptakan nilai ekonomi, nilai tersebut menentukan harga produk atau jasa. Faktor terpenting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Jadi pemasaran merupakan penghubung antaran kegiatan produksi dan konsumsi.
Jadi
yang dimaksud dengan manajemen pemasaran adalah proses merencanakan,
penganalisaan, pelaksanaan, mengimplementasikan dan controlling (pengawasan) atau
mengandalikan kegiatan pemasaran dalam suatu perusahaan supaya dapat
tercapainya target atau tujuan perusahaan secara lebih efesien dan efektif.
Itulah definisi manajemen pemasaran secara umum, lalu fungsi manajemen pemasaran sendiri seperti meliputi
riset pembeli atau konsumen, pengembangan produk, komunikasi dan promosi,
strategi distribusi, penetapan harga dari produk dan pemberian pelayanan pada
konsumen. Tentunya semua kegiatan ini dilakuakan untuk dapat memenuhi kebutuhan
konsumen.
Apa itu manajemen pemasaran?
Inilah beberapa pengertian atau definisi
manajemen pemasaran menurut para ahli
- Menurut, Buchari Alma (2004 : 130) – Manajemen
Pemasaran adalah merencanakan, pengarahan, dan pengawasan seluruh kegiatan
pemasaran perusahaan ataupun bagian dipemasaran.
- Lalu menurut, Philip Kotler/Armstrong (2002 : 14) –
Manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian
atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan
mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan
maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
Berikut ini unsur dalam manajemen pemasaran
Terdapat
3 (tiga) unsur yang penting dalam manajemen pemasaran diantaranya sebagai
berikut:
1. Orientasi
pada konsumen atau pembeli
Umumnya
produsen menghasilkan produk untuk upaya memenuhi kebutuhan dan kepuasan
konsumen, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Konsumen ialah orientasi
paling utama yang harus di pertimbangkan dalam segala macam bentuk strategi
bisnis. Demikian juga dalam proses marketing atau penjualan, maka dalam bisnis
selalu mengedepankan pihak konsumen yang merupakan strategi dari bagian konsep
pemasaran yang perlu di perhatikan. Sebab konsumen bisa di bilang sebagai raja,
dan pihak produsen atau perusahaan adalah pelayan yang harus melayani kebutuhan
raja (konsumen) yaitu dengan berbagai macam tawaran yang menarik, baik itu dari
segi produk yang dihasilkan maupun dari segi pelayanan yang di sediakan.
Manajemen pemasaran menyetujui konsep pemasaran yang terbaik dengan menjadikan
konsumen sebagai prioritas yang paling utama.
2. Perencanaan
kegiatan-kegiatan pemasaran secara menyeluruh
Manajemen
pemasaran menyetujui adanya pengaturan secara dinamis sebagi bentuk penyusunan
kegiatan-kegiatan dari pemasaran secara menyeluruh. Segala keperluan dalam
bidang pemasaran, strategi, implementasi, penganalisaan, controlling (pegawasan) dan lain-lain
yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran harus dilakukan secara tersusun, dan
diatur secara rinci atau detail dan jelas, sehingga bisa mempermudah dalam
proses pelaksanaan dan contolling (pengawasan). Manajemen pemasaran menyetujui
suatu upaya yang sistematis yang jelas sehingga dapat dilakukan penganalisaan
dan controlling (pengawasan) terhadap
hasil yang di dapat. Evaluasi terhadap suatu manajemen pemasaran salah satunya
juga di dasarkan atas kegiatan penyusunan secara menyeluruh tersebut.
3. Kepuasan
konsumen
Kepuasan
konsumen menjadi unsur yang penting juga yang harus di perhatikan dalam
menyusun strategi pemasaran. Manajemen pemasaran yang bagus yaitu menyetujui
adanya hasil keputusan para konsumen yang maksimal sebagai akibat dari proses
pemasaran yang berjalan. Kepuasan dari konsumen tidak hanya diukur dan dilihat
dari bagaimana kualiats produk yang dihasilkan, akan tetapi dari bagaimana cara
maupun starategi pemasaran yang dijalankan.
Dan beberapa tugas manajer dalam manajemen
pemasaran
Dalam
hal ini manajer memiliki banyak pekerjaan yang bisa di lihat dari segi fungsi
manajemen yang dijalankan di bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen
tersebut di jalankan untuk dapat menubah sumber daya manjadi suatu produk yang
nantinya dapat memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Keinginan konsumen
sangatlah beragam dan selalu berubah-ubah serta tak semuanya bisa terpenuhi.
Kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi ini biasanya menjadi suatu keuntungan
atau peluang bagi pembisnis yang perlu di manfaatkan.
Tugas
manajer pemasaran bisa di tinjau dari segi fungsi manajemen yang dilakukan
dalam bidang pemasaran, yaitu bagaimana proses manajemen tersebut dijalankan
untuk dapat menubah sumber daya menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi
kebutuhan konsumen, tugasnya diantaranya seperti di bawah ini:
- Mempelajari kebutuhan maupun keinginan dari konsumen.
- Mengembangkan suatu konsep produk atau barang yang
ditujukan untuk kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar.
- Membuat desain produk dan mengembangkan pembungkusan
maupun merk.
- Menetapkan harga supaya memperoleh Return on
investment yang layak.
- Mengatur distribusi dan memeriksa penjualan.
- Dan menciptakan komunikasi pemasaran yang baik,
dengan memakai media atau cara lain yang terpenting caranya tepat.
Mungkin
sekian artikel mengenai manajemen pemasaran dan fungsinya, semoga artikel ini dapat
dipahami…
0 Response to "Manajemen Pemasaran dan Fungsinya"
Post a Comment