Skripsi Persamaan Akuntansi

Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam suatu perusahaan yang mengakibatkan perubahan posisi keuangan di sisi harta, hutang maupun modal, disebut juga dengan transaksi keuangan. Prinsip yang dianut untuk mencatat aktivitas transaksi keuangan adalah menggunakan sistem Double Entry Book Keeping, yan pada dasarnya mengasumsikan bahwa setiap transaksi keuangan yang terjadi harus dicatat pada sisi debet maupun kredit sehingga dicapai suatu keseimbangan. Istilah debet dan kredit di dalam akuntansi sebenarnya merupakan konversi dari nilai penambahan (+) atau nilai pengurangan (-) dari suatu sifat perkiraan.

Hasil gambar untuk Persamaan Akuntansi
Prinsip dari nilai tata buku berpasangan adalah keseimbangan yang  dikenal dengan persamaan akuntansi sebagai berikut:

HARTA = HUTANG + MODAL

Harta adalah kekayaan yang dapat berbentuk benda berwujud atau tidak  berwujud, dapat diperoleh melalui hutang dan atau modal sendiri (Lapoliwa dan Kuswandi, 1993: 8).

Harta adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh perusahaan, baik itu berupa benda  maupun hak serta wewenang (Santoso, 1997: 7).

Hutang adalah hak para kreditur atas kekayaan perusahaan  Modal adalah hak para pemilik atas kekayaan perusahaan (Lapoliwa dan Kuswandi, 1993: 8).

Modal adalah kewajiban perusahaan kepada pemilik perusahaan tersebut.  (Santoso, 1997: 7)

0 Response to "Skripsi Persamaan Akuntansi"

Post a Comment

wdcfawqafwef